Rabu, 05 Juni 2013

Tips Memilih Sikat Gigi Yang Tepat

 sikat gigi


Saat ini banyak sekali model dan merk sikat gigi yang beredar. Semuanya selalu mengaku paling ahli dalam urusan membersihkan gigi. Masak semuanya nomer satu? Tentu tidakkan? Namun kalau saya ditanya mana yang terbaik, tentu saya bingung juga.

Meski memilih sikat gigi tak sesusah memilih jodoh, tapi ternyata cukup bingung juga kalau ditanya mengapa memilih merk A, bukan merk B. Biasanya jawaban saya yang sesuai dengan iklan di televisi itu. Payah juga saya... jadi korban iklan.

Namun ada juga tip dari dokter gigi kenalan saya tentang memilih jenis sikat gig. Pada prinsipnya memilih sikat yang lembut karena sikat keras dapat merusak lapisan enamel dan melukai gusi.

Dengan menyikat gigi secara teratur, kebersihan gigi dan mulut pun akan terjaga, selain menghindari terbentuknya lubang-lubang gigi dan penyakit gigi dan gusi. Agar tidak bingung dalam memilih jenis sikat gigi, simak tip dari dokter gigi kenalan saya ini ya..
  • Gunakan sikat gigi yang bagian kepalanya cukup kecil sehingga bisa digunakan dengan baik dalam rongga mulut. Bagi orang dewasa panjang kepala sikat gigi 2,5 cm, sedangkan pada anak 1,5 cm.
  • Pilihlah bulu sikat gigi yang memiliki panjang yang sama. Sikat gigi dengan bulu yang panjangnya berbeda tidak dapat membersihkan permukaan datar tanpa menimbulkan tekanan pada beberapa bulu sikat.
  • Perhatikan Tekstur bulu sikat, Pilihlah sikat gigi yang lembut bulunya. Bulu sikat yang keras bisa merusak jaringan. Yang terlalu lunak pun dikhawatirkan tidak dapat membersihkan plak dengan sempurna. Yang paling tepat sikat gigi dengan kekakuan bulu sikat medium.
  • Pilihlah sikat gigi dengan gagang sikat yang mudah dipegang kuat dan bisa dikontrol dengan baik, agar bisa menjangkau ke seluruh bagian dalam gigi.

Sekarang setelah sikat gigi dengan baik dan benar, dengan sikat gigi yang tepat pula... lalu tersenyumlah pada dunia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar