Kamis, 06 Juni 2013

Obat Hemoroid (Wasir) Yang Manjur

hemoroid


Semakin banyak orang yang bekerja kantoran, semakin banyak juga penderita wasir atau hemoroid. Tentu saja ini kesimpulan yang belum teruji, sebab hanya berdasarkan pengamatan dari pasien yang membeli obat di apotek tempatku bekerja. Dan rata-rata yang menderita wasir atau hemoroid itu ternyata adalah mereka yang bekerja di kantor. Mungkin hal ini disebabkan mereka yang bekerja di kantor lebih banyak duduk. Dan seperti diketahui, terlalu banyak duduk merupakan penyebab hemoroid.

Apa Itu Hemoroid Atau Wasir?

Wasir, atau sering disebut ambeien (dalam bahasa Inggris atau Latin disebut Hemorrhoid dan dalam bahasa kedokteran disebut Piles) adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan.

Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akibat konstipasi) dan dapat terjadi juga pada wanita hamil. Tetapi umumnya, penyebabnya adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri, juga lebih rawan terjadi pada wanita daripada pria. Itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena (misalnya saat menstruasi atau hamil) dibandingkan pria.

Wasir bisa mengeluarkan darah, terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk ataupun tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Lama kelamaan wasir dapat menyebabkan penderitanya mengalami kehilangan darah yang berat atau anemia sehingga memerlukan transfusi darah.

Hemoroid yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya. Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah.

Obat Hemoroid (Wasir)

Secara umum , obat hemoroid terbagai atas obat yang non spesifik seperti laksatif, analgesik, protektan, adstringen dan anti inflamasi. Sedian obat laksatif bertujuan untuk melunakkan tinja sehingga saat BAB tidak menyebabkan kontraksi yang kuat. Obat yang bersifat protektan dan adstringen bertuan untuk meringankan gejala wasir seperti rasa terbakar dan gatal. Sedangkan analgesik dan anti inflamasi berupa anastetik dan kortiko steroid. Obat ini diantaranya adalah Anusol HC, Ultraproct, Faktu dan lain-lain.

Selain itu bebrapa sedian fitofarmaka (herbal) juga tersedia di pasaran. Obat ini seperti Papaven, Ambeven, Venaron merupakan obat yang terbuat dari bebrbagai ekstrak herbal yang telah terstandarisasi dan berguna untuk meringankan gejala hemoroid.

Sedangkan obat yang spesifik bekerja pada pembuluh darah yang ada dalam anus dan mengurangi pembengkakan yang terjadi. Obat ini berupa flavonoid yang terbukti secara klinis menurunkan gejala dan mengurangi tingkat kekambuhan.

Obat yang sering digunakan adalah diosmin dan hesperidin. Kedua obat tersebut difomulasi sebagai micronized purified flavonoid fraction (MPFF) unik. Kedua obat tersebut dipasarkan dengan nama dagang Ardium, Ciflon dan Venosmil.

Selain itu juga digunakan polidokanol (Asclera, Aethoxysklerol). Obat ini merupakan sclerosing agent yang efektif. Obat ini mengandung 95% hydroxypolyetboxydodecane dan 5% ethyl alcohohol. Polidokanol juga dikenal sebagai obat yang memiliki risiko komplikasi yang rendah.

Pencegahan Hemoroid

Cara terbaik untuk mencegah wasir atau hemoroid adalah untuk menjaga tinja tetap lunak sehingga dapat keluar dengan mudah, sehingga mengurangi tekanan dan tegangan pada anus tuntaskan sesegera mungkin setelah ada rangsangan buang air besar. Olahraga, termasuk berjalan, dan meningkatkan kandungan serat dalam diet dapat membantu mengurangi sembelit dan mengejan dengan menghasilkan tinja yang lebih lembut dan lebih mudah untuk keluar.

Jadi bapak-bapak dan ibu-ibu, makan yang banyak serat ya.. dan jangan terlalu banyak duduk biar tidak terkena hemoroid atau wasir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar