Senin, 03 Juni 2013

Mengobati Penyakit Gondongan Yang Tepat

gondongan
Gondongan bukanlah penyakit yang membahyakan. Namun jika menyerang anak-anak, tentu merepotkan. Sebab anak-anak akan demam dan rewel. Apalgi di musim kemarau. Virus Paramyxovirus penyebab gondongan lebih mudah di udara. Penularannya akan lebih cepat.

Gondongan (parotitis atau mumps) merupakan radang di kelenjar ludah yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Penyakit ini bersifat menular. Anak-anak biasanya paling sering terkena penyakit ini, terutama ketika daya tahan tubuh menurun. Pada orang dewasa lebih jarang, sebab daya tahan tubuhnya relatif lebih kuat.

Gejala Gondongan

Diketahui bahwa pengakit gondongan disebabkan oleh virus. Bakteri Staphylococcus juga dapat menyebabkan gondongan. Karena itu gejala yang ada berbeda, tergantung penyebabnya.

Jika gondongan disebabkan oleh virus Paramyxovirus maka gejalanya sebagai berikut :
  • Demam yang cepat naik
  • Bengkak di bagian atas leher atau pipi bagian bawah
  • Sulit menelan dan muncul gejala seperti flu
  • Biasanya tidak berasa atau hanya sedikit sakit.

Sedangkan jika penyebabnya adalah bakteri seperti Staphylococcus maka gejala yang muncul sebagai berikut :
  • Demam naik secara perlahan
  • Muncul kemerahan di daerah yang bengkak
  • Timbul rasa sakit yang hebat.

Obat Gondongan

Pengobatan untuk gondongan dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Untuk infeksi virus, maka pemberian obat penurun panas seperti parasetamol (Pamol, Sanmol, Tempra)untuk meredakan demam. Selain itu beberapa suplemen seperti multivitamin (AD Plex, Apialys, Becombion) dan Imuno Booster (Stimuno, Igastrum, Imboost) diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pemberian antivirus biasanya tidak diperlukan, sebab gondongan merupakan penyakit self limited, yang akan sembuh dengan sendirinya.

Jika disebabkan oleh bakteri, maka bisa ditambahkan obat antibiotik seperti Amoksisilin (Kalmoxillin, Amoxsan), kombinasi Amoksisilin dan Asam Klavulanat (Clavamox, Claneksi). Obat antibiotik golongan sefalosporin seperti Cefadroksil (Cefat, Longcef), Cefixim (Cefspan) juga bisa digunakan.

Sedangkan untuk mencegah penularannya, orang yang sakit dianjurkan untuk pakai masker karena kumannya bisa menular melalui droplet atau bercak dahak saat batuk. Bagi yang masih sehat, dianjurkan untuk melakukan vaksin MMR (Mumps/Measles/Rubella) dan juga minum multivitamin atau suplemen untuk enjaga daya tahan tubuh tetap fit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar