Kamis, 06 Juni 2013

Obat Sakit Hati Hepatoprotektor

hepatoprotektor


Ketika seseorang mengalami kerusakan, atau mempunyai potensi sakit hati, apakah yang dicari? Kalau menurut Opick, tentu perlu "Tombo Ati". Tentu bukan "tombo ati" seperti itu yang saya maksud. Juga bukan obat sakit hati karena asmara. Bukan itu. Tapi dalam arti medis, yaitu hepatoprotektor.

Banyak sebab yang membuat hati mengalami kerusakan. Apakah itu karena virus, seperti pada hepatitis, obat-obatan, makanan, racun dan polutan, atau gangguan lainnya. Hal tersebut yang membuat sakit hati, seperti terkena hepatitis, kanker hati/sirosis hati, batu empedu, insufisiensi hati, radang kandung empedu, ikterik, dan hati yang berlemak.

Untuk hal-hal tersebut di atas itulah perlu hepatoprotektor, senyawa obat yang memiliki efek teurapeutik, untuk memulihkan, memelihara, dan mengobati kerusakan dari fungsi hati. Cara kerja hepatoprotektor adalah dengan memberikan perlindungan pada hati dari kerusakan akibat racun, obat-obatan, dan gangguan lainnya.

Sampai saat ini belum ada obat yang disetujui sebagai hepatoprotektor, namun ada beberapa tanaman herbal yang diakui sebagai hepatoprotektor. Tanaman herbal yang digunakan untuk tujuan medis dapat diberikan dalam bentuk pil, serbuk, atau diseduh. Beberapa sediaan herbal tersebut berupa fitofarmaka, yaitu sedian herbal yang telah di standarisasi.

Kemampuan herbal sebagai hepatoprotektor ini diketahui dengan berbagai mekanisme, di antaranya adalah dengan adanya potensi antiinflamasi,adanya kemampuan sebagai antioksidan, efek koleretik dan kolekinetik, meningkatkan regenerasi sel-sel hati dengan meningkatkan sintesis protein, dan menjaga integritas membran sel.

Penelitian-penelitian efek hepatoprotektor dari tanaman obat kini telah banyak dilakukan. Departemen Kesehatan RI telah menyatakan dalam buku “Acuan Sediaan herbal”, simplisia yang kita kenal dari tanaman Sambiloto (Andrographis paniculata Nees.), kunyit (Curcuma domestica), dan temulawak (Curcuma xanthorrizha) adalah tanaman yang diakui memiliki efek sebagai hepatoprotektor.

Beberapa sediaan herbal tersebut yang beredar dipasaran diantaranya Hepamax, Biocurcem, Imreg, HP Pro dan lain-lain. Jadi, jika menari hepatoprotektor, cari saja di apotek ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar