Sabtu, 13 April 2013

Obat Pegel Linu Yang Manjur

pegel linu


Aku tengah berolahraga pagi itu. Hanya lari-lari mkeliling komplek perumahan ketika aku berpapasan dengna Pak Ahmadi. Tidak seperti biasanya, Pak Ahmadi hanya berjalan pelan, tidak lari-lari. Sebentar-sebentar tangannya memegang punggung. "Pegel linu badanku. Aku pakai sedikit lari kok malah sakit. Apa tho obatnya?", tanya Pak Ahmadi.

Oalah... ternyata pegel linu yang jadi sebabnya. Memang penyakit ini sering diderita oleh par orang tua. Tapi bukan berarti yang muda tidak lho ya.. Banyak kok anak muda yang mengeluh pegel linu.

Pegel linu disebabkan oleh kelelahan otot. Ketika otot bekerja dan berkontraksi, banyak ATP yang diolah menjadi energi. Akibat dari proses ini adalah penumpukan asam laktat dalam otot. Tentu proses biokimia ini tidak sesederhana itu. Banyak rangkaian reaksi yang terjadi, namun tak perluilah diuraikan, wong ini bukan diktat kuliah kok. Singkatnya, asam laktat yang tertimbun dalam otot inilah yang menyebabkan rasa lelah dan pegel linu. Dalam banyak kasus, hal ini disertai dengan pembengkakan. Tentu rasanya nyeri. Tapi yang penting bagaimana  mengatasinya kan? Gampang kok, ada obat pegel linu yang manjur..

Obat Pegel Linu

Pengobatan pegel linu adalah menghilangkan gejalanya dan mempercepat pengeluaran asam laktat dari otot. Ontuk menghilangkan rasa pegel dan linu, dapat digunakan obat analgesik seperti Diklofenak (Voltadex, Cataflam), Piroksikam (Pirofel, Pirocam) atau pun muscle relaxant seperti Esperison (Forres, Myonal, Myonep, Epsonal). Obat tersebut diminum 3 kali sehari 1 tablet sehabis makan. Jika mempunyai sakit maag, maka tambahkanlah oabt maag seperti antasida (Promaag, Plantacid) maupun obat maag golongan lain seperti lanzoprasol (Lancid, Compraz).

Untuk mempercepat pengeluaran asam laktat, gunakan vitamin B komplek (Neurobion, Neurosanbe). Dengan  vitamin B komplek, metbolisme akan berjalan dengan baik sehingga asam laktat cepat dikeluarkan dari tubuh. Selain itu pijat juga sangat membantu. Ini adalah obat yang saya sukai, apalagi pijatan Mbah Sumi, bisa dipijat sampai tidur.. Istirahat yang cukup sangat membantu menghilangkan pegel linu.

Jadi untuk mengobati pegel linu adalah minum obat analgesik, vitamin B komplek, pijat dan istirahat yang cukup. Ini adalah obat pegel linu yang manjur...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar