Rabu, 03 April 2013

Memilih Obat Sakit Flu Yang Rasional

sakit flu


Perubahan cuaca sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Salah satu penyakit yang sering muncul saat perubahan cuaca dan musim adalah sakit flu atau pilek. Ini memang penyakit ringan, namun jika tidak diobati akan cukup merepotkan.

Gejala paling umum dari sakit flu dan pilek adalah demam, sakit kepala, batuk, hidung tersumbat dan bersin-bersin. Kadang tidak semua gejala flu anda derita, hanya gejala sebagian saja. Oleh karena itu perlu pemilihan obat sakit flu yang rasional agar sesuai dengan gejala yang diderita.

Untuk demam dan sakit kepala, obat terpilih adalah parasetamol. Periksa obat flu anda (Stop Cold, Ultraflu, Paratusin, Intunal), sebagaian besar mengandung parasetamol. Obat ini efektif untuk menurunkan demam dan meringankan ssakit kepala.

Batuk sering menyertai flu. Untuk ini biasanya ada 2 jenis batuk, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Untuk batuk berdahak, obat yang sering digunakan adalah guaifenesin dan ambroksol. Obat yang mengandung obat tersebut diantaranya Dextrofort, Siladex, Actifed. Obat ini bekerja dengan mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Obat jenis lain adalah asetilsistein (Vestein, Fluimucil). Kadang asetilsistein dikombinasikan dengan parasetamol (Sistenol).

Sedangkan batuk kering, obat terpilih adalah dextromethorphan. Obat ini bekerja dengan menekan syaraf pusat batuk. Obat ini terdapat dalam  Actifed DM, Bisolltusin, Triaminic batuk dan lain sebagainya. Efek samping obat ini adalah mengantuk. Jadi jangan mengemudi atau menjalankan mesin selama minum obat ini.

Batuk menggelitik dan hidung tersumbat juga sering terjadi saat flu. Hal ini karena terjadi reaksi alergi. Untuk menghilangkannya, obat yang digunakan adalah pseudo efedrin, tripolidin, CTM, phenileprine. Fungsi obat tersebut adalah sebagai anti alergi dan dekongestan, yaitu melegakan hidung yang tersumbat akibat flu dan mengurangi cairan (ingus) di hidung. Obat tersebut terdapat dalam Cetinal, Nasafed, Nalgestan, Sudafed, Lapifed dan lain sebagainya. Bersin-bersin juga akan hilang jika minum obat ini.

Bagaimana jika semua gejala flu tersebut ada secara bersamaan? Kalau begitu, pilih saja obat flu yang lengkap, seperti Stop Cold, Ultraflu, Paratusin, Alpara dan Intunal. Obat tersebut mempunyai kandungan yang mencakup obat untuk mengatasi semua gejala flu.

Namun yang terbaik saat flu adalah cukup istirahat, makan makanan bergizi dan minum vitamin atau suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh (Vitacimin, Vitalong C, Protecal, Redoxon, Imunos, Imboost). Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, maka virus flu akan hilang. Sebab sebenarnya flu tidak ada obatnya. Obat flu hanya menghilangkan gejalanya saja. Virus flu akan pergi dengan sendirinya jika tubuh mempunyai kekebalan yang kuat. Jadi silakan pilih obat sakit flu, secara rasional tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar