Jumat, 22 Maret 2013

Obat Mata Belekan Yang Tepat


mata belekan


"Aduh yah, mataku kok kemeng. Sakit sekali", keluh istriku siang itu. Lho... kok?? Istriku yang bermata indah itu hari ini kehilangan pesona di matanya? Tentu saja sebagai suami yang baik, dengan penuh kasih sayang, aku berkata, "Kenapa Mami sayang, sini ayah lihat". Ternyata matanya memerah, sedikit bengkak dan ada kotoran di sudut matanya. "Mami belekan ini", kataku.

Penyebab Mata Belekan

Ya.. mata belekan disbut juga konjungtivitis. Penyakit ini ditandai dengan mata merah, berair, ada kotoran mata (belekan), lengket seperti ada benda asing, kadang-kadang bengkak. Bisa menyerang bayi baru lahir hingga orang tua. Bila terjadi dalam waktu 12 hingga 24 jam disebut  hiperakut, akut bila kurang dari 4 minggu dan kronis lebih dari 1 bulan.

Penyebab konjungtivitis ini bermacam-macam, seperti alergi (debu, serbuk, bulu, angin, asap, parasit, hingga penggunaan lensa kontak yang kurang bersih), infeksi bakteri, virus. Bahkan bakteri penyebab Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti Gonorrehoea (kencing nanah,) Chlamydia, Molluscum contagiosum dapat menyebabkan konjungtivitis, terutama pada bayi yang baru lahir..

Obat Mata Belekan

Sebagian besar kasus mata belekan disebabkan oleh infeksi. Oleh sebab itu, pemberian obat antibiotik yang tepat diperlukan untuk mengatasi infeksi bakteri tersebut. Karena bakteri penyebab mata belekan bermacam-macam, maka antibiotik spektrum luas maupun kombinasi sering diberikan. Obat yang diberikan bisa melalui oral, tetes atau salep mata. Obat tersebut yang sering digunakan adalah amoksisilin (Amoxsan, Kalmoxilin, Clavamox), Ciprofloxacin yang diberikan secara oral. Sedangkan tetes atau salep mata yang banyak digunakan adalah Cendo Xytrol, Polydex, Isotic Renator, Alletrol, Reco dan lain sebagainya.

Karena penyakit ini mudah menular, maka disarankan untuk sering mencuci tangan dengan antiseptik, tidak menggunakan peralatan makan dan mandi secara bersama-sama. Ini untuk pencegahan. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati?

Dan untuk mata istriku, aku berikan obat tetes mata yang aku berikan dengan penuh cinta.. he..he...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar