Selasa, 26 Maret 2013

Kapan Minum Obat Cacing?


minum obat cacing


Salah satu masalah kesehatan anak dan juga sebenarnya dewasa, adalah cacingan. Lingkungan yang tidak higienis merupakan sumber utama infeksi cacing pada manusia. Terutama di daerah yang padat penduduk. Sanitasi yang buruk, ditambah kondisi alam seperti banjir, membuat cacing sangat mudah menyebar.

Cacingan merupakan penyakit khas daerah tropis dan sub-tropis, dan biasanya meningkat ketika musim hujan. Pada saat tersebut, sungai dan kakus meluap. Larva cacing menyebar ke berbagai sudut yang sangat mungkin bersentuhan dan masuk ke dalam tubuh manusia. Larva cacing yang masuk ke dalam tubuh perlu waktu 1-3 minggu untuk berkembang. Cacing yang biasa “menyerbu” tubuh manusia adalah cacing tambang, cacing gelang, dan cacing kremi.

Efek dari infeksi cacing ini bermacam-macam. Dari masalah nutrisi hingga infeksi pada organ vital. Jika ini terjadi, kematian sangat mungkin terjadi.

Untuk menanggulangi infeksi cacing ini, banyak tersedia obat cacing yang tersedia di pasar. Misalnya Upixon, Combantrin, Vermox dan lain-lain. Masalahnya adalah kapan minum obat cacing? Selama ini dianjurkan untuk minum obat cacing, baik anak-anak maupun dewasa adalah 6 bulan sekali. Sebenarnya ini tidak begitu tepat. Sebab pemberian obat seharusnya berdasarkan diagnosis yang tepat. Jika belum terbukti infeksi, mengapa harus minum obat cacing?

Dalam hal tersebut di atas, yang benar adalah pemeriksaan apakah terjadi infeksi cacing apa tidak, Jika terbukti, maka minum obat cacing, jika tidak, tidak perlu. Namun karena pemeriksaan infeksi cacing ini menggunakan sampel tinja, maka banyak yang merasa jijik dan enggan melakukannya. Selain itu biayanya juga lebih mahal. Oleh sebab itu sering diambil praktisnya saja yaitu minum obat cacing 6 bulan sekali.

Efek samping obat cacing ini minimal. Bagi sebagian orang mungkin menimbulkan rasa mual dan alergi. Namun secara keseluruhan, obat cacing ini aman dan  membuat obat cacing dikelompokkan dalam obat bebas dan mudah diperoleh di apotek. Jadi jangan enggan minum obat cacing setiap 6 bulan sekali. Oke?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar