Rabu, 20 Maret 2013

Obat Keputihan Yang Tepat


Ini memang masalah umum yang diderita wanita. Keputihan. dan keluhan ini dialami, bukan saja oleh wanita dewasa, namun juga oleh para remaja. Seperti pagi ini di apotek, ibu-ibu datang dengan keluhan keputihan. "Sangat mengganggu. Gatal mas. Malu kalau terus digaruk", katanya.

Memang keputihan dapat menyebabkan rasa gatal. Tidak semua keputihan gatal memang. Tapi jika keluar cairan dalam jumlah banyak, tentu risih bukan?

Apa Itu Keputihan?

Keputihan, pada garis besarnya dibedakan menjadi 2; yaiut keputihan Fisiologis dan Patologis. Keputihan fisiologis biasanya terjadi pada saat menjelang menstruasi dan pada masa subur. Pada kondisi tersebut terdapat lendir berlebih. Namun hal ini normal jika cairan yang keluar tidak banyak, warna ciran krem atau bening, tidak berbau dan tidak gatal.

Keputihan patologis merupakan penyakit yang disebabkan infeksi, seperti infeksi jamur, bakteri dan virus. Keputihan ini ditandai dengan keluarnya ciran berwarna putih, berbau, menimbulkan rasa gatal dan dalam jumlah yang banyak.

Obat Keputihan

Obat keputihan, yang akan dibahas di sini adalah keputihan patologis. Obat yang digunakan disesuaikan dengan jenis infeksi agar obat yang digunakan tepat dan efektif. Untuk keputihan yang disebabkan oleh jamur, yaitu Monila dan Candida, obat yang digunakan adalah anti jamur seperti Nystatin (Candistin, Vagistin) baik oral maupun vaginal. Namun jika Nystatin tidak efektif, dapat juga digunakan fluconazole (Diflucan, Candizol), itraconazol (Nufatrac, Sporanox).
Keputihan yang disebabkan oleh bakteri, utamanya Trichomonas Sp, antibiotik yang digunakan adalah metronidazol (Trichodazol, Nidazol). Selain itu, sering terjadi infeksi campuran pada keputihan. Oleh karena itu antibitik spectrum luas seperti amoksisilin (Kalmoxilin, Amoxsan), Ciprofloxacin (Ciproxin, Renator, Lapiflox) sering digunakan.

Dalam banyak kasus, keputihan juga disebabkan infeksi kombinasi antara bakteri dan jamur. Untuk itu pengobatan kombinasi anti jamur dan antibiotic diperlukan. Sediaan untuk keperluan ini seperti Vagistin, Flagystatin, Fladystin, Canesten Vag Tab, Naxogin Comp diberikan untuk mengatasi infeksi tersebut.

Sedangkan untuk keputihan karena infeksi virus maka obat antivirus diberikan untuk mengatasinya. Namun jika disebabkan oleh virus HIV, maka, seperti penyakit akibat HIV, obat yang diperlukan belumlah tersedia.

Pencegahan Keputihan

Keputihan akibat infeksi sering terjadi karena masalah kebersihan dan gaya hidup. Organ intim wanita memerlukan perawatan khusus agar tetap higienis dan terbebas dari bakteri, virus dan jamur yang merugikan. Menjaga kebersihan adalah cara terbaik menghindari keputihan akibat infeksi.

Namun terdapat juga keputihan yang menular. Dan penularannya ini melalui hubungan seksual. Maka menghindari hubungan seksual yang beresiko adalah cara terbaik. Jangan jadikan seks bebas sebagai gaya hidup anda…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar