Selasa, 19 Maret 2013

Makanan Minuman Penyebab Hipertensi

hipertensi


Makanan memang selalu duperlukan tubuh untuk bertahan hidup. Makanan juga diperlukan aagar tubuh tetap sehat. Namun makan makanan sembarangan bisa mendatangkan maslah kesehatan. Tapi bila Anda pintar memilih, makanan bisa membuat tubuh makin sehat dan bekerja dengan optimal. Jika ceroboh, makanan justru menjadi sumber malapetaka dan mengundang berbagai penyakit berbahaya.

Hal tersebut juga berlaku pada tekanan darah atau tensi. Bila Anda tak pintar-pintar memilah makan, tensi bisa melonjak naik dan tidak terkontrol. Akibatnya, berbagai komplikasi penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan ginjal pun mengancam.

Makanan yang mengandung garam tinggi sudah jelas menaikkan tensi darah . Tentang sate kambing itu tidak benar. Yang membedakan berbahaya bagi hipertensi atau tidak adalah cara pengolahannya. Jika daging kambing diolah menjadi kambing guling, maka yang perlu diwaspadai adalah cara pengolahannya yang ditaburi garam. Kalau pakai garam tinggi, itu yang tidak boleh. Namun kalau nggak pakai garam yang banyak mengolahnya, boleh-boleh saja. Demikian juga dengan sate kambing. Jadi sate kambing penyebab hipertensi hanyalah mitos. Justru yang patut diwaspadai adalah kolesterol. Demikian juga bagi daging ayam dan sapi.

Selain garam, tekanan darah juga dapat melonjak gara-gara pengawet, makanan kaleng, minuman yang mengandung kafein tinggi terutama kopi, dan obat-obatan tertentu yang bisa memicu detak jantung lebih cepat.

Kopi memang berbahaya bagi penderita hipertensi, tetapi tidak jika dalam dosis tertentu. Kalau hipertensi terkontrol bisa 5 gelas per hari masih tidak apa-apa, tetapi jika tidak terkontrol 1 gelas sudah terlalu banyak. Yang patut diwaspadai dari kopi sebenarnya adalah kandungan gula. Kebanyakan masyarakat salah kaprah menganggap kopi yang menyebabkan hipertensi tanpa menyadari kandungan gula di dalam segelas kopi hitamnya. Jika kandungan gula terlalu tinggi, dapat menaikkan gula darah dan sering juga berefek pada kenaikan tekanan darah. Jadi akan menyebabkan hipertensi juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar