Minggu, 13 Mei 2012

Obat Manjur untuk Kandidiasis Mulut (Oral Trush)

oral trush, candidiasis mulut


Seorang ibu muda datang ke apotek pagi itu. Ia bertanya, "Mas, obat untuk kandidiasis mulut yang manjur itu apa ya? Anakku yang baru berumur 1 tahun, ada bercak putih dimulutnya. Kelihatannya sakit. Soalnya anakku jadi sulit makannya".

Wealah, pertanyaannya banyak sekali. Namun ya sebagai apoteker profesional (penginnya), tentu saja aku layani dengan baik. Baiklah, pertama apa itu Kandidiasis mulut. Penyakit ini sering juga disebut sebagai oral trush, biasanya menyerang bayi dan anak balita. Gejalanya khas, yaitu timbulnya bercak putih di lidah, langit-langit mulut dan kelenjar tonsil (amandel). Bercak putih ini sulit dilepaskan dan hal ini yang membedakannya dengan sisa makanan.

Kandidiasis Mulut atau oral trush ini disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Jamur ini sebenarnya merupakan flora normal dalam mulut. Namun apabila keseimbangan lingkungan dalam mulut berubah, maka jamur ini dapat berkembang biak dengan cepat. Hal-hal yang dap[at mengganggu keseimbangan dalam mulut dianataranya sisa makanan, perubahan pH, pemberian antibiotik dan obat kortikosteroid. Apabila perkembangan Candidida albicans berlebihan, terjadilah kandidiasis mulut atau oral trush. Mulut menjadi tidak nyaman, perih dan nyeri. Hal inilah yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan anak.

Obat untuk kandidiasis mulut (oral trush) berupa obat anti jamur, yaitu Nystatin drop (Candistin, Kandistatin). Nystatin (Candistin, Kandistatin) ini cukup manjur dan aman, karena sangat sedikit terserap oleh tubuh.

Kandidiasis mulut atau oral trush ini dapat menular. Untuk menghindari penularan dari bayi ke ibu atau sebaliknya, maka pada saat menyusui, puting susu ibu juga diolesi pada saat menyusui. Hal ini akan mencegah penularan yang bolak-balik dari ibu ke bayi. Kandidiasis mulut (Oral trush) akan membaik dalam beberapa hari.

Setelah aku jawab pertanyaan ibu muda tadi, ia akhirnya membeli salah satu obat yang aku sebutkan. Setelah aku jelaskan penggunaannya, ia pun berlalu. "Terima kasih mas", ucapnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar